Rabu, 14 Juni 2017

cerita tentang lake quary

kau boleh kehilangan segalanya kecuali 2 hal..uang dan sahabatmu..itu yang dikatakan seorang teman kepadaku..begitulah,,ketika aku kehilangan tambatan kebahagiaan ku didunia baru-baru ini (sebut saja putus yang diperhalus) aku beruntung memiliki sahabat sepertimu..dan ini adalah tentang kau,..tentang aku,,dan kegilaan kita... tentang mencari makna dan hakikat kehidupan melalui tempat-tempat  baru yang kita kunjungi..perjalanan spiritual..begitu aku menyebutnya...dan kau menertawakanku " perjalanan patah hati si galau" begitu kau menertawakan aku sobat...tapi dimanakah kita bertahun-tahun mendatang??akankah kita tetap lakon yang sama dalam latar dan alur cerita yang berbeda nantinya..ahhhh entahlah kawan..tapi aku ingin kau tau.."aku selalu beruntung memiliki sahabat sepertimu"
.........................................................................................................................................................................
rembang petang..selasa 8 maret 2016...
sore itu aku memutuskan pulang cepat dari kantor karena lagi2 perasaan sesak itu datang menghimpit dada..membuat air mata ingin mengalir sebanyak-banyaknya,,dan aku begitu merindukan tasbih dan quran ku yang ku tinggal di kamar kostan berukuran 3x3m itu..kau bertanya lewat pesan singkat.." lo udah pulang??" dan ku balas dengan singkat.. "udah gw dikosan"..aku tak ingin kau tau,,aku merana..saat itu rasanya sangat sesak..aku ingin menangis,,,ingin berteriak,,ingin.,,,ahhhhh semuanya..hatiku hancur,,,aku merindukannya..aku butuh dia,,dan aku rasa kau yang paling tau,,jika kita bersahabat cukup lama,,kadang kita tak perlu kata untuk menjelaskan segalanya.." nanti gw mampir" itu pesan mu..bagaimana menjelaskannya..kau selalu ada saat aku butuhkan..mungkin itulah sahabat sebenarnya..

jelang magrib..kau datang..membatalkan meeting penting dengan bos mu dikantor hanya untuk menemaniku..selalu saja begitu..kita selalu bertengkar,,tak pernah sepahamm tapi selalu ada untuk satu sama lain..mengerti tampa harus dijelaskan.." lu masih sedih aje" itu kata2 mu..dan aku tersenyum..kau selalu saja begitu.."gw udah bilang berulangn kali..tapi lo ga pernah dengerin" kata2 itu lagi...tapi ahh kau selalu saja berbalik dan membantuku bangkit..tak peduli berulang kali ku indahkan nasehatmu..tak peduli berulang kali ku acuhkan kata2mu..kau selalu saja ada untuk membantuku..selalu menghiburku..menemaniku..how could i get trough this without you din???

" besok ikut gw yuuk..ke danau quary,,bagus deh,,loe pasti suka.." itu ajakmu.. "gw pengen dikosan seharian" jawabku ketus.."udaaah ikut aja,,ngapain mikirn cowk ga jelass,,lupaiiin.." selalu saja begitu kata2 mu,,,selalu ku acuhkan..tapi  kau selalu ada disana...tepat disampingku saat aku terjatuh atau salah jalan..itulah sahabatku..."besok pagi ya,,jam 9 gw kekosan lu..ajak  mikel juga nanti gw ajak temen gw juga.." itulah yang selalu kukagumi darimu..kau tak pernah meninggalkan teman-temanmu.. "yaudah" hanya itu jawabku..
..........................................................................................................................................................................
early dawn morning..rabu 9 maret 2016...
gerhana matahari total...usai menjalankan sholat gerhana.. jam 8 pagi pesan singkat darimu " temen gw lagi OTW" itu pesanmu...(kata lain dari :  loe siap2 gihh)..rasa malas menyerbuku..aku hanya ingin berlama-lama dikamarku..menangis..dan memandang pada deretan foto2 kenangan yang kian hari semakin jauh dari jangkauanku..begitulah waktu yang selalu akan mengurai dan membentang jarak antara kita dan masa lalu..sebagian kekal menjadi memory,,sebagian lain terlupakan oleh gulir waktu yang berjalan..ahhhh aku melantur lagi..

kukatakan padamu..perasaanku berat untuk pergi..dan seperti biasa kau mengabaikanku..jam 10 kau datang terlambat 1 jam dari waktu yang ditetapkan..seperti biasanya..dan aku belum mandi sama sekali...selalu saja begitu..kau menarik2 tanganku dan memaksaku mandi.. " sueee loe belum siap2,,buruaaan" itu omelanmu..hahaahaha selalu saja begitu..tapi kau selalu saja menungguku..tak peduli berapa menyebalkannya aku...
.....................................................................................................................................................................
setengah 11 siang...
pada akhirnya kita berangkat,,,perjalanan ke parung bogor dimulai..dan bukan kita namanya jika tidak nyasar..hahaha..luar biasaa...selalu saja nyasar..aku kau..mikel dan destri..kali ini kitalah lakonnya..dengan danau quary di daerah rumpin yang jadi tujuannya..danau baru..terbentuk karena bekas tambang pasir..begitu ujarmu..tapi bukan maiiin perjalanan kesana sangat jauuuh..dan medannya,,ckckck bukan jalan aspal yang kita temui melainkan jalan tanah berbatu-batu,,dengan track yang tak mungkin dilalui motor matic..hadeeuuh sepanjang jalan aku menggerutu,,dan kau tetap sabar mendengarkan..itulah sahabatku..perjalanan yang kita prediksi hanya 2jam malah menjadi 5 jam,,

buta tentang jalan adalah hal yang biasa bagi kita...bertanya-tanya pada orang dan berdebat disepanjang jalan..itu sudah makanan kita sehari-hari,,dan 1 hal yang selalu menjadi bahan tertawa kita..setiap kali bertanya pada orang2 tentang seberapa jauh jawaban mereka selalu seragam...dekeet...yang artinya masih jauhh,, dan kalau bertanya arah "pak aya ke danau sebelah mana ya.. si bapak2 akan menjawab..kekiri bisaa kekanan juga bisa teh.. yang artinya kira2 aja sendiri arahnya" lalu kalau bertanya danau masih jauh pak?? " akan dijawab ga kook..depan sana udah lumayaaann deket... yang artinya masih sangaaat jauh...kita hanya bisa tertawa-tawa miris..begitu selalu..masa-masa sulit,,begitu kau menyebut perjalanan kita..

sepanjang jalan tak henti2nya aku mengoceh..dan menggerutu,,dan kau selalu saja tertawa2..tapi daerah itu memang asri..mengingatkan ku pada kampung halamanku..kata2 terakhir yang kau ucapkan cukup menohokku "loe ga kangen sama padang" ahhhhh tampa ku sebutkan pun kau sudah tau peristiwa apa yang menahan kakiku untuk pulang diiin....tapi kau sahabatku,,,dan aku tak bisa berbohong padamu.."tidak" begitu jawabku singkat..lalu kita sama2 diam..haha selalu saja begitu..
......................................................................................................................................................................
setengah 4 sore..rembang petang...
 sampai didanau itu sudah waktu ashar..dan hujan langsung turun padahal disepanjang perjalan panas sangat terik dan jalanannya berdebu..."sungguh sial kita" umpatku... kau hanya tertawa..
tapi kau benar..penatnya terbayarkan..perjalanan ini sungguh layak dijalani sebanding dengan pemandangan yang disuguhkan..danau quary..memang cantik..dananunya kecil..tapi warnanya hijau lumut,,dalamnya 40 meter dan masih sangat asri karena memang tak banyak yang tau..dananunya adalah jenis lobang bekas tambang pasir yang sudah lama..terisi penuh oleh air hujan.." sebelumnya dananunya ga begini,,warnanya pun keruh.."itu kata ibu2 penjaga warung soto mie disana.."tapi setelah lebaran kemaren tiba-tiba saja danau ini berubah warna dan airnya jadi semakin banyak,,,di sedot juga tidak habis-habis..disini ada mata airnya..di ujung pojok sana...kemaren baru ada yang meninggal tertimpa batu di tebing atas,,kalau mau naik jangan keujung sana ya,,walaupun disana tempat berfotonya bagus tapi sebaiknya jangan" dan kita langsung saling berpandanga..ahhhhh sudah sampai disini baru ada cerita mengerikan begitu...dan bukan kita namanya bila takut..

danaunya dikelilingi dinding batu..dan tebing curam..pemandangan nya sungguh indah..airnya segar dan tawar..kau merengek ingin berenang..tapi hujan,,pada akhirnya kita hanya berfoto-foto dan melihat2..bercanda dan bermain dorong2an..selalu saja begitu..

naik ke tebing sebelah selatan danau tempat yang katanya bagus untuk berfoto-foto..sampai diatas kita kehujanan,,jangankan untuk berfoto yang ada malah kita lari pontang panting ke bawah mencari warung untuk berteduh..ahhhh lagi-lagi kita sial umpatku,...kau tertawa lagii..begitu hujan reda,,aku dan destra seperti biasa merengek ingin naik bebek2...ingin mengayuh bebek di tengah danau diin itu rengekku.. dan kau sepeerti biasa akan sangat panik bila kemalaman dijalan...

kau bujuk2.." besok2 aja kesini lagi.." bujukmu..tapi aku mengenalmu..kau tak akan pernah tega kepadaku..selalu saja begitu..."bebeknya mau bobo udah soreee" itu bujukmu,.,dan aku tertawa ngakaak..bagaimana kau bisa selalu menbuat ku tertawa itu adalah misteri...haha pada akhirnya hanya dengan 1 kata dariku kau akan selalu menyerah " tapi gw pengen naik bebek diin,,,pleaseeeeee" dan kau akan selalu pasrah..."yaudah yaudahn iyaaaaa jangan nangis..." dan jadilaaaaaaahhhh kita naik bebek...hahahahahaha...

dan kau sahabatku..semoga kita akan selalu bersahabat selamanya...naik bebek-bebek itu juga ternyata penuh perjauangan,,bebeknya bocor..dan pengayuhnya hanya 1..dan seperti biasa,,kau tak membiarkanku yang mengayuh,,"berat..loe ga akan kuat" begitu ungkapmu,,ahhhh selalu saja begitu..bertengkar tentang bagaimana menentukan arah bebek adalah hal yang biasa,,tapi sampai ditengah-tengah danau kau berhenti dan berkata.." gw minta loe lupain dy..

Kau sahabatku..bagaimana bisa aku selaalu dan selalu saja menyusahkanmu..membuatmu ikut terluka bersama pedih yang ku sayat sendiri..dan kau yang selalu disana untukku..selalu dan selalu saja begitu..kau bukan hanya sahabat melainkan juga saudara bagiku...lalu bila kepedihanku mendatangkan# kepedihan pula bagimu bagaimmana Aku tega??? Karnanya perlahan aku tersenyum dan menjawab.. "iya..pasti din" kau tersenyum dan berkata pelan.."gw ga mau liat lo sedih lagi..apalagi karna dia.." selalu dan selalu begini..kita akan saling diam..menikmati alam..tapi diatas segalanya itu adalah saat dimana aku berjanji tidak akan membuatmmu susah lagi dg kesedihan ini..kegalauan tidak perlu ini.. Aku berjanji untuk melupakan..memaafkan..dan melepaskan..
J
...........................................................................................................................................................
Setenga 7 malam...
Bulan mengintip manja di ufuk barat..saat kau beenar2 memaksaku untuk pulaang..meninggalkan tempat indah ini...aku bimbang..aku masih ingin bermain..tapi kau memamksaku..katamu..nanti gw cari teempat lain yg lebih indah lagi...skrg kita harus pulang...selalu saja begitu..kau membujukku..dan aku akan mengalah...

Dan lagi lagi..bukan kita namanya bila kita tidak nyasar..dan sepanjang jalan kau selalu berkaa..sabar yaaa..kita lagi melewati masa sulit..masa Sulit yang kaau maksud adalah masa2 dimana kita kehilangan arahh dan jalannya sangat menyeramkan..kita bersenti di!spbu saat telah larut..dan kau selalu megingatkan ku untuk sholat..pada akhirnya kita sampai di rumah jam 9 maalam..dan kau bilang..lihat..kita berhasil melewati masa sullitnya..aku bingung bagai.ana kau bisa begitu bahagia..bagaimana bisa kau begitu positif melihat semuanya..dan hari itu aku tau..melalui semua kesulitan kita..kau hanya memasrahkan semuanya..kau tidak sekalipun berusaha melawan apapun yang terjadi..kau membiarkannya mengalir..bagai air..seperti danau quary itu..ia menerima dan memasrahkan semuanya..sabar..daN lihatlah bagaimana sabarnya menampung air yg turun menjadikan dirinya indah..lebih dari sekedar lubang bekas tambang yg menganga dan dibiarkan begitu saja..terimakasih untuk membawaku kesini....

.....................................................................................................................................
Masa kini..
Aku tengah tertidur lelap disamping suamiku kala telp dari mu membangunkan ku...
Kau bilanng "gw udah turun dari bis.." sungguh..kau datang di resepsi peernikahanku..kau tau aku sangat senang..kebahagiaanku lengkap..kita telah bersahabat lama..dan aku senang kau selalu ada disana..untukku..di saat  susah dan senang. Aku telah menem*ukan kebahagiaanku..sekarang giliranmu..seperti janjimu padaku di danau itu.. "nanti saat lo udah bahagia..gw juga akan nyari kebahagiaaan gw sendiri suatu saat nanti."  now its you turn din..gw beneer2 berdoa lo segera menemukannya...

                                                                                  Catatan awal sore..zolly diahayu.
                                                                                  A best friend never leave behind..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar