Selasa, 04 Agustus 2015

lutung tampa kacamata..

Apa yang lebih menyenangkan daripada ketemu sama teman lama. Setelah hampir 5th ga pernah ketemu. Last sunday i meet my favorite friend(pet) si lutung kasarung. Berawal dari ide senior di group whats app yang ngajakin kopdaran alumni genta andalas yang ada di jakarta. Seperti yang sudah sudah biasanya klo di group diajakin ketemu heboh setengah mati terus pas realisasi di hari H yang datang ya yang itu2 aja..haha yasudahlah ya..sudah biasa..jadilah setelah sindir2an di group soal temen2 yang pada banyak alasan klo diajak kumpul..gw sebagai orang yang juga tersindir karna dulu juga jarang kumpul akhirnya. memuttuskan untuk datang di acara meet and great with madam cosma kotoπŸ˜‚..

Daaaan insiden telat bangun pun di mulai..eng ing eng..dari niat jam 7 kumpul di hi..gw malah baru bangun jam setengah 8..whatss..insiden selanjutnya dilanjutkan dengan air dikosan gw yang biasanya ga pernah mati tiba2 ga nyala..what the hell maan..huaaa pas di cek ternyata mesin airnya rusak..air di torennya jd kosong..hufttt udah niat mau batalin pergi trus keinget klo udah janji..lagi2 atas dasar kata "ga enak" akhirnya gw bela2 in ngambil air dari dispenser gw..ajiiiib pagi itu gw mandi pakai air aqua 2 galon..1 galon gw..1 galon tetangga πŸ˜‚ cerita nya biar nanti ga dikatain kurang fokuus gitu wahaha setelah mandi mahal dengan 2 galon aqua gw pilih2 baju..tadinya gw mau pake baju kebiasaan gw celana pendek..baju kaos..dan sendal jepit..tapi kok rasanya ga bangeet gitu..akhirnya setelah perdebatan sengit dg teman seblah kamar terpilih lah itu baju kemeja pink dan rok hitam serta hells biru langit serta tas selempang yg alhasil bikin gw keliatan feminim abiiss..
Diajakin ketemu di hari minggu pagi disaat jalanan jakarta lagi car free day..2 th dijakarta gw ga pernah ikut yang namanya car free day..kesan pertama liat car free day Lautan manusiaaa..gw bingung mau nyebrang aja susah..after kontek2 ama si senior gw..madam cosma..manusia unik di genta andalas(unik artinya aneh yg diperhalus)..dimulailah misi saling cari carian antara gw si cewk tomboy yang tiba2 berubah jadi feminim abis dg kemeja pink dan rok hitam lengkap sm helss biru langit dan rambut yg di urai dan ga lupa eyeliner lentik ala2 ratu cleopatra. 

Setelah cari2 an sekitar 10 menit akhirnya janji ketemu di tangga deket plaza uob..gw lari2an ke halte depan plaza uob..disana gw liat bang cosma sudah siap dg topi kebesarannya serta jaket dan kaos putih serta sepatu kebanggaannya. kesan pertama gw saat ngeliat senior gw yang memang berwajah androgini (bisa dikatain cewk bisa dikatain cowok juga) adalah wow klo ada manusia yang ga kegerus waktu bg cosma lah orangnya. Pasalnya dari pertama gw kenal dia di genta andalas fari tahun 2007 sampai sekarang wajahnya ga berubah maannn..masih tetap dg baby face nya dan tubuh kecil nya..sehingga gw kalo jalan ama dy bisa2 disangka gw lagi ajakin ponakan gw yang smp jalan2 liat car free day.πŸ˜‚πŸ˜‚ yahh itulah bang cosma..dg segala keunikannya.

Ditangga gw udah pasang senyum paling manis ala ala pepsodent ehhh ternyata dia malah ga ngenalin gw donk..hiks hiks..pas gw tegor dy baru nyadar itu ge..jadilah kita pelukan hangat..ouhhh kayak2 ABG ABG labil..yang baru ketemu sama temennya..

Habis kesan pertama yang heboh dan bikin orang disatu jalur busway memandang aneh ke kita berdua(karna kita mgkin lebih mirip sepasang pasangan lesbi yang lagi jalan bareng..karna bang cosma akan disangka cewek tomboy dan gw yang tiba2 jadi feminim banget dg baju pinky dan rok hitam) baru gw tau klo ada 1 temen gw lagi yang akan dtg hari itu..namanyaaaa... Eng eng engg..lutungka sarungπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ga diing lutung itu panggilan kesayangan gw buat dia..ceilaah kesayangan..yapss saking dulu deket nya gw sama dia kita berdua terbiasa ngeledek 1 sama lain..dan saling memanggil dengab sebutan lutung.nama aslinya sih ala ala latin gitu yoserizal fernando tapi gw lebih seneng manggil dia lutung.

Gw udah lamaaaa banget ga denger kabar dari dia..gw udah ga ketemu dia sekitar 5tahun..yahh sebagai anak mami yang rajin si lutung emang lebih dulu tamat dibandingkan gw si anak tiri pembangkang..ngahahaha. mengikuti petuah leluhur kami di minang sana bahwa para pemuda yang belum menikah harua menjalani tradisi merantau jadilah si lutung terusir kesana sini dari kampung halaman dan rumah nyaman orang tuanya ke ibu kota. Dan karena jiwa tulus nan sucinya atau mungkin juga menjalankan tri dharma perguruan tinggi universitas andalas negeri nya tentang pengabdian maayarakat dan bangsa si lutung yang jebolan management unand ini mengambil tugas mulia menjadi salah satu pegawai negeri sipil di kementrian keuangan..whewww klo si lutung jd PNS gw ga malu nihh ngakuin dia temen gw hahaha..

Akhirnya setelah menunggu cukup lama karena si lutung ga tau kenapa akhirnya ngaret juga..kita berdua memutuskan buat nungguin dia di museum nasional depan monas aja..nahh looo ketauan lagi selama dijakarta gw ga pernah jalan2..gw ga pernah donk masuk ke museum ituu..huaaa pas masuk jadilah gw semacam anak babon..yang tiba2 diserang autis petakilan di dalam museum..sibuk jepret sana sini..loncat sana loncat sini..terkesima liat isi2 didalam museum itu..setelah muter2 2 jam akhirnya gw kecapean.. Gw nunggu di tempat duduk yang disediain di deket museum sambil nunggu juga madam cosma ke toilet..si lutung masih ga jelas kabar beritanya..gw ngambil novel yang belom kelar gw baca..pas lagi baca2 tiba2 ada coek pake baju merah tampa kawat gigi dan kacamata yang nyamperin gw..sambil cengar cengir kaya monyet blo on...gw langsung ngenalin dy sebagai sohib gw..temen yang sama2 di ospek pas masuk genta..teman yang sama2 berjuang nyari berita panas2an..trus juga kadang ujan2 an ke sekre sore2 cuma buat rapat..juga yang bela2in bolos kuliah cuma untuk ngedarin tabloid genta di kampus..my favorite per lutuuung..😍😍😍 

Gw langsung jejeritan kayak monyet ayan manggil2 dy.."ya ampuuun lutuuuung..apa kabaaar...mana kacamata lo???ehh skarang udah ga pake behel...ya ampuuun udah 5 tahun ga ketemu ikhhh.ya ampuuun" yahh pokoknya setelah begitu banyak kata ya ampun yang muncrat dari mulut gw..dan jabat tangan yang laama baru akhirnya kita sama2 ketawa lepas..yahh ketemu dengan sahabat emang selalu memberi kebahagiaan lebih.

Setelah itu kita putusin buat jalan2 di museum.masih sambil ledek2an..pas liat miniatur jaman purba gw ledekin si lutung. "Tuhh sodara2 lu tung samperin gihh kasih baju" dan becanda2 lain..puas jalan-jalan dan ledek-ledekan di museum rasa lapar pun muncul akhirnya nekad mencari warung nasi padang di belakang museum yang ternyata setelah di telusuri ya ampuuun jauuuh bingiiit...akhirnya ketemu juga warung padang yang menurut takaran kita bertiga enak tapi murah,,huahaha doyan yang murah meriah emang..

nah pas makan lah kita cerita-cerita..tiba tiba si lutung yang dulu nya jarang banget nasehatin gw tiba tiba nyeletuk.."tung lu mau nunggu apa lagi??udah saatnya nyari yang serius.." tiba tiba gw langsung keselek tulang ikan..yapss pembicaraan soal jodoh di usia yang hmmmm diatas dua tiga adalah pembicaraan krusial yang nyelekit dan bikin jantung lo jedaar jedeer ga karuan.. tapi demi harga diri gw bales juga " ahhh kayak lo ga aja tung lo juga kan ama gw cuma beda beberapa bulan" sambil pura2 nyari sayur dinasi padahal itu rumah makan padang ga ngasih kita makan sayur..huahaha.. si lutung langsung nyeletuk lagi " kalau cowok mah biasa aja kali zee..kita mah masih amaan..lu tuhh cewek mau nikah umur berapa punya anak umur berapa dipikirin dari sekarang" hedeeeeh dimulai lagi perdebatan soal gender antara cewek dan cowok ini..gw terkadang suka heran kenpa cewek harus berbeda dengan cowok..kenapa cowok boleh telat menikah sedang cewek engga,..katanya soal nanti kemampuan punya anak dan sebagainya dan sebagainya,,anak kan rejeki,,lalu perdebatan alot dan ledek-ledekkan terus berlanjut sampai pada perdebatan soal setelah menikah apa sebaiknya seorag istri itu bekerja atau dirumah saja mengurus anak..lagi lagi jawaban gw adalah setiap pilihan tidaklah mudah dan menuntut pengorbanan masing-masing.

habis makan dan kenyang kita mutusin buat jalan-jalan lagi kemuseum di kota tua (lagi-lagi atas paksaan madam cosmanita) karna gw yang ga pernah jalan-jalan kemuseum menganggap ini sebagai ajang untuk lebih mengenal jekardah yasudah gw ngintil aja..tapi sebelum ke kota ketemu es doger,,dan bertambah lagi 1 realita bahwa seumur hidup gw juga belum pernah nyobain yang namanya es doger..huhahahaha how pathehtic..setelah nyobain dan menurut gw sangat enak kita lanjutin ke kota tua naik angkot..nyampe kota langsung cuss kemuseum BI dengan membayar sebesar 5ribu saja..sangat murah lah menurut saya..pengalaman pertama masuk museum lagi-lagi kelakuan babon lepas dari kebun binatang gw kambuh..gw kalap jepret sana jepret sini..cekakak cekikik dan kagum-kagum kagak jelas liat barang-barang di museum BI..setelah foto-foto dan ngabisin cukup banyak waktu sampai di tegor petugas museum karena museum nya udah mau tutup barulah kita keluar dari itu museum. puas jalan-jalan di museum mulai jalan lagi di kota tua..jalan-jalan beli tahu dan duduk sebentar di starbuck..kita memutuskan untuk kunjungan kerumah levi yang baru punya baby..baby alana..gw sih sebenernya udah liat pas lahiran berhub. si lutung dan madam cosma belum jadilah gw ikutan ngeliat.

dengan bermodalkan busway dan tanya sana sini sampailah kita di matraman..nyebrang rel dan dimulai lagi perjuangan tiga petualang dablek mencari rumah merita pahlevi. kejadian-kejadian kocak pun mulai terjadi,,mulai dari nyasar,,salah rumah..masuk ke gang sempit yang serem..tapi finnali kita sukses menemukan rumah levi dan meet and great with dedek alana chuby..yeaaayyy mission complete!! lama tak jumpa gw langsung gemes pengen gendong2 alana..dulu waktu bayi dia kerjaannya tidur melulu sekarang pas gw gendong undah bisa celingak celinguk bahkan mewek hauhaha kita juga selfi bareng..juga sempat bertukar pikiran (ceeeileeeeh gegayaan) soal investasi yang profit dan nguntungin untuk jangka panjang sama papa nya alana..berhub. sudah malam maka kami dengan sadar diri ga nunggu di usir pulang pamit ke levi..ohhhh waktu ga bersa kalo udah sama- sama sahabat emang,,,apa daya kesibukan kerja esok hari udah menyita begitu banyak waktu kita..

ga puas ketemu sebentar doank sama si lutung terutama setelah 5 tahun ga ketemu ga kontek2 juga..saling ledek..saling sindir tapi juga membuktikan bahwa jarak dan waktu tak menjadi halangan untuk sebuah persahabatan..ga banyak yang berubah dari si lutung,,kecuali menurut gw umur dan pengalaman membuat dia lebih dewasa dalam menyikapi hidup dan jadi pria yang lebih tangguh. tapi sejauh ini dia tetap lutung yang gw kenal..lutung yang bareng2 sama gw di genta andalas..lutung yang dulu kuat padahal udah mengalami kecelakaan dan harus di operasi tulang..lutung yang care sama temen dan keluarga..lutung yang berusaha bisa diandalkan...lutung yang pinter dan rajin serta taat.still the best and favorite friend i ever have.. :)..except silutung sekarang udah ga pake kacamata lagi..dan giginya udah ga di behel lagi..hahaha tetep aja si lutung hidup menjomblo..yahh semoga si lutung bisa segera menemukan pendamping hidupnya dan beranak pinak..hahaha sediih karena si lutung mungkin ga akan dijakarta lagi..PNS  menuntu dia harus benar2 mengabdi pada bangsa..bersedia di tempatkan dimana saja..si lutung yang lagi H2C alias harap harap cemas akan di taruh dimana karena minggu ini penempatannya..still hope the best for u friend... semoga si lutung di taruh di tempat yang ada pantai dan pemandangan gunungnya indah,,jadi klo gw bete gw bisa numpang main ke tempat dia,,hahahaha tetap hari itu adalah hari yang luaaar biasa buat gw,,

"a good time is..spending time a lot with your best friend doing crazy and stupidly think and still laugh together..."

                                                                                                            catatan akhir
                                                                                                            senja zolly diahayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar